Selamat datang dan bergabung dengan kami, semoga apa yang kami berikan bermanfaat untuk kita, dan semua pencinta dunia Otomotif
Disini anda dapat mendownload Materi materi pelajaran Teknik Kendaraan Ringan, soal soal Teknik Kendaraan Ringan, gambar animasi, manual book berbagai kendaraan ringan dan informasi seputar otomotif yang kami dapatkan dari berbagai sumber.
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

Jumat, 23 April 2010

KERJA MOTOR 2 TAK

Apa itu motor 2 tak (langkah)? motor 2 tak adalah motor yang
dalam 1 siklus kerjanya memerlukan 2 kali langkah torak (piston),
selengkapnya sebagai berikut:


Photobucket


1. Proses up ward stroke / torak bergerak dari TMB ke TMA

   Pada langkah ini terjadi 2 kerja, yaitu :

   LANGKAH HISAP

   Pada langkah isap piston bergerak naik dari TMB menuju TMA.
   Pada saat piston di posisi TMB, bahan baker yang berada
   dibawah piston didorong dan keluar dari saluran pembilasan.
   Proses selanjutnya, bahan baker yang keluar dari saluran
   pembilasan didorong piston sampai mencapai posisi TMA.
   Pada saat hamper mencapai TMA, piston menutup saluran
   pem buangan dan saluran pembilasan. Akibatnya, saluran
   pemasukan bahan baker terbuka yang menyebabkan  bahan
   baker secara otomatis masuk melalui saluran pemasukan di
   bawah piston.
  
   LANGKAH KOMPRESI

   Bahan baker yang telah ada disilinder di tekan naik oleh piston
   sampai mencapai posisi TMA.
   Tekanan di silinder meningkat, kemudian bunga api dari busi
   membakar bahan baker dan udara menjadi letusan.

2. Down ward stroke / torak bergerak dari TMA ke TMB

    LANGKAH USAHA
  
    Letusan tersebut menghasilkan tenaga yang digunakan untuk
    mendorong piston bergerak turun dari TMA menuju TMB.
  
   LANGKAH BUANG

   Piston bergerak turun akan mendorong bahan baker yang telah
   berada di bawah piston menuju saluran pembilasan.
   Saat piston bergerak turun saluran buang dan saluran
   pembilasan dalam keadaan terbuka.
   Gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui saluran
   pembuangan menuju knalpot akibat desakan bahan bakar
   dan udara yang masuk dalam silinder melalui saluran
   pembilasan.
   Dengan terbuangnya gas sisa hasil pembakaran, kerja mesin
   2 tak selesai untuk satu proses kerja (siklus).


  Lebih jelasnya perhatikan animasi di bawah ini.


http://lutfil-otomotif.blogspot.com

1 komentar:

Poskan Komentar